Minggu, 26 April 2015

Saran

Meski kini sudah dibuat aturan-aturan dalam penipuan situs jual beli online, namun kini masih kerap saja terjadi. Beberapa saran yang bisa penulis lakukan agar kita tidak terperangkap dalam penipuan tersebut:  
1.      Curigai pedagang yang menjual barang dengan harga terlalu miring (murah)
Jika menemukan pedagang yang menjual barangnya dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga standar (normal) barang tersebut di pasaran, ada kemungkinan mereka adalah penipu. Biasanya mereka berdalih bahwa barang yang mereka jual adalah barang BM (Black Market).
2.      Curigai pedagang yang mendesak Anda untuk segera mentransfer uang untuk pembayaran barang.
Hati-hati dengan penjual yang mengharuskan Anda mentransfer uang terlebih dahulu sebelum Anda melihat dan mengecek kondisi barang yang mereka jual. Biasanya mereka beralasan butuh uang atau sebagainya.
3.      Usahakan melakukan transaksi pembayaran secara Cash On Delivery (COD) atau Cash and Carry (CnC)
Kalau anda tinggal di kota yang sama dengan penjual, sangat disarankan anda mengajak si penjual bertransaksi secara langsung dengan temu muka atau kopi darat yang biasa dikenal dengan istilah COD (Cash On Delivery) atau Cash and Carry (CnC). Jika si penjual menolak, waspada dan pertimbangkan masak-masak, kemungkinan dia punya niat untuk menipu anda.
4.      Bertransaksilah dengan penjual yang pernah bertransaksi dengan orang yang Anda kenal.
Sebaiknya mencari referensi dulu dari rekan rekan Anda, dimana mereka pernah membeli barang yang sejenis dengan barang yang sedang anda cari.
5.      Merupakan nilai plus jika si penjual memiliki toko online atau website.
Website atau toko online yang dimiliki oleh seorang pedagang boleh dikatakan sebagai bukti kuat bahwa ia adalah pedagang yang dapat dipercaya. Karena banyak sekali penipu yang tidak mempunyai toko online atau website alias hanya mengandalkan platform gratis seperti Facebook atau Kaskus Jual Beli, atau forumjualbeli lainnya. Namun, itu bukan harga mati, banyak pula pedagang jujur yang hanya memanfaatkan forumjualbeli dan memang benar-benar dapat dipercaya.
6.      Amati berapa lama ia bergabung dalam forum, bagaimana reputasinya, dan bagaimana testimonial (kesaksian) orang-orang yang pernah bertransaksi dengan si penjual.
Meskipun ini bukan syarat mutlak, namun lama bergabungnya seseorang dalam suatu forum seperti kaskus jual beli, Facebook, atau forumjualbeli lainnya bisa dijadikan alasan apakah anda patut mempercayai si penjual. Selanjutnya perhatikan juga bagaimana testimonial orang-orang yang pernah bertransaksi dengannya.
7.  Manfaatkan jasa pihak ketiga yang terpercaya.
Apabila anda melakukan transaksi dalam jumlah dan nilai yang cukup besar, ada baiknya anda memanfaatkan jasa perantara (pihak ketiga) semacam rekening bersama yang biasa tersedia pada forum jual beli seperti kaskus jual beli. Carilah referensi dari rekan rekan anda, manakah pihak penyedia layanan rekening bersama yang dapat dipercaya.

0 komentar:

Posting Komentar